Monday, March 7, 2011

tanaman

Hari semakin panas,kelihatannya keadaan lingkungan yang kian gersang . apa yang harus saya perbuat untuk menjadikan bumi ini tetap sejuk dan astri, kalau begitu mulailah dari rumah, kasihan anakku setiap hari tidurnya kurang nyanyak karena kepanasan. kalau begitu saya harus mulai menanam pepohonan di sekitar rumah. bagaimana ya , kalau di jakarta ini semua serba uang, sedangkan sebagai seorang istri yang tinggal diam di rumah, keungan sangatlah terbatas, saya harus memikirkan ulang bagaimana caranya agar, tidak mengeluarkan uang sepeserpun. saya mencoba untuk saling menukar tanaman dengan para tetangga, di dalam lingkungan rumah. eh,...ternyata sambutannya baik sekali, hingga kami ( para tetangga ) setiap tiga bulan sekali arisan RT ,kami mengadakan tukar tanaman, atau memberikan tanaman kepada yang membutuhkan. dengan demikian kesadaran akan tanaman ( pohon ) yang memiliki fungsi sebagai berikut ini,
1. penurun suhu
negara kita, negara yang tropis, sinar matahari yang sangat melimpah, yang kadang-kadang mengganggu kenyamanan dalam rumah, karena meningkatnya suhu dalam rumah. saya memilih untuk menanam pohon mangga, setelah di beli buah mangga saya, ambil bijinya dan di jemur lalu kemudian saya tanam kembali.

2. Penyedia oksigen
di dalam rumah akan terasa nyaman karena udara yang mengalir di bawah pohon kandungan oksigennya lebih banyak, sehingga udara yang di dapat didalam rumah yang mengalir melalui jendela, pintu kisi-kisi rumah akan terasa segar. sementara zat racun yang ada di dalam udara akan di serap oleh pepohonan.

3. Peredam suara dan Debu.
kebetulan rumah saya di pinggir jalan yang penuh dengan kebisingan dan berdebu . saya tanan pohon yang daunnya agak berbulu karena dapat menangkap debu, sedangkan untuk kebisingan saya memilih pohon yang rindang daunnya akan menyerap suara-suara yang bising.

4. Pengarah angin
akhir-akhir ini pintu rumah selalu berbunyi keras akibat hempasan angin yang kencang, saya memutuskan untuk menanam pohon yang besar dan rindang, di karenakan angin dapat memecahkan tiupan angin yang kencang dan sering sekali rumah terasa begitu kering dan panas, pohon juga dapat mengarahkan angin ke arah yang saya mau, asal letakkan pohon di mana angin yang kita inginkan dapat masuk melalui lubang-lubang angin yang kita inginkan.

5. berbuah
Ternyata apa yang saya tanam juga membantu mengurangin pengeluaran, biasanya saya hari ini harus membeli buah, sekarang saya hanya memetik buah di depan rumah, kandungan vitamin yang ada pada buah yang saya petik lebih tinggi dibanding dengan memberi di toko buah, yang sudah lama berhari-hari terkena paparan sinar matahari dan kondisinyapun jauh lebih baik.

7. Sehat
Otomatis didalam rumah terasa damai, suami, anak-anak akan ikut merasakan kenyamanan dalam rumah. kehangatan terasa begitu kuat pada kami, jiwa kami terasa sehat dan damai.saya mendapatkan asmosfir nyaman tercipta di dalam rumah. ini adalah salah satu unsur yang terpenting dalam keharmonisan suatu keluarga yang terjadi dengan sendirinya.

8. Obat stress.
kejenuhan sering sekali menghampiri saya, dan itu membuat saya sering sekali terasa capek pikiran dan jiwa, dengan adanya tanaman yang beraneka ragam serta bunga-bunga yang cantik berwarna-warni, membuat suasana atmosfir menjadi relex, urat-urat dan pikiran yang tegang kembali kendor, terasa sekali suami , anak-anak sangat menikmati, keberadaan di rumah setelah mereka menjalani aktifitas yang menguras pikiran dan tenaga mereka.

9. Bahan-bahan dapur
saya berusaha menanam tanaman yang di butuhkan untuk memasak, seperti tanaman daun jeruk, tanaman daun mangkok untuk masak gulai otak kesukaan suami, tanaman jeruk limo, tanaman jeruk purut, tanaman jahe, tanaman lengkuas, tanaman daun sereh, tanaman daun bay, tanaman cincau, tanaman belimbing sayur, tanaman pandan , tanaman cabe rawit, wah pokok nya bumbu dapur.

semoga bermamfaat bagi semua , sampai nanti,...............

No comments:

Post a Comment